Senin, 21 November 2011

Pemasaran


1 . Pengertian Pasar dan Pemasaran
            A . Pengertian Pasar :
Tempat bertemunya antara pembeli (permintaan) dan penjual (penawaran) untuk mengadakan jual beli barang dan jasa.
            B . Pengertian Pemasaran :
Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa ,menetapkan harga , mendistribusikan ,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
      • Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
        1.     Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
        2. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. 
        3.   Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
 2 . Jenis - jenis Pasar
          A . Pasar Konsumen :
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi ,bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
            B . Pasar Industri :
Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi ,baik langsung maupun tidak langsung ,dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
            C . Pasar Penjual :
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
            D . Pasar Pemerintah :
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah ,seperti : Departemen ,Direktorat , Kantor Dinas ,Dan Instansi Lain.
3 . Konsep – Konsep Inti Pemasaran
kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
o   Konsep Produksi :
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.
o   Konsep Produk :
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok ,manajemen harus memperbaiki terus menerus produknya.
o   Konsep Penjualan :
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik.
o   Konsep Pemasaran :
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.
o   Konsep Pemasaran Sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
o   Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


4 . Manajemen Pemasaran
Proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
    • Keadaan Permintaan
      1.   Permintaan negatif (negative demand)
      2. Tidak ada permintaan (no demand)
      3. Permintaan terpendam (latent demand)
      4. Permintaan yang menurun (falling demand) 
      5.   Permintaan yang tidak teratur (irregular demand) 
      6. Permintaan penuh (full demand)
      7. Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
      8. Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand)
5 . Bauran Pemasaran
    •  Product (Produk)
    • Price (Harga) 
    • Place (Tempat ,temasuk juga Distribusi)
    • Promotion (Promosi)
6 . Tujuan Sistem Pemasaran
    •  Memperkenalkan Produk kepada Umum
    • Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
    • Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
    • Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
    • Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
    • Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
    • Sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya
7 . Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
    •  Pendekatan serba fungsi
    • Pendekatan serba lembaga
    • Pendekatan serba barang (pendekatan organisasi industri)
    • Pendekatan serba manajemen
    • Pendekatan serba sistem



Tidak ada komentar:

Posting Komentar